Waspada! Kasus Covid-19 di Singapura Melonjak, Rawat Inap Meningkat

Info Bola Terupdate – Kasus Covid-19 di Singapura mengalami lonjakan signifikan dalam dua minggu terakhir. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) melaporkan bahwa pada periode 5 hingga 11 Mei 2024, tercatat 25.900 kasus baru, meningkat 90% dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Kenaikan kasus ini dikhawatirkan karena varian baru Covid-19, yaitu KP.1 dan KP.2, yang lebih menular dibandingkan varian sebelumnya. Varian ini juga diyakini menjadi penyebab meningkatnya jumlah pasien rawat inap.
 

Liputan seputar berita

Data MOH menunjukkan bahwa rata-rata rawat inap harian akibat Covid-19 meningkat menjadi sekitar 250 dari 181 pada minggu sebelumnya. Meskipun demikian, rata-rata kasus harian di unit perawatan intensif (ICU) masih tergolong rendah, yaitu tiga kasus dibandingkan dua kasus pada minggu sebelumnya. Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung, dalam konferensi pers pada Sabtu (18/5/2024) mengatakan bahwa pemerintah akan terus memantau situasi dengan cermat dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kapasitas yang memadai di rumah sakit.
“Kami akan terus memantau situasi dengan cermat dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kapasitas yang memadai di rumah sakit,” ujar Ong. Ong juga menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. “Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ong.
Kenaikan kasus Covid-19 di Singapura ini menjadi pengingat bagi semua negara di dunia untuk tidak lengah dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Varian baru Covid-19 yang lebih menular dapat menyebabkan lonjakan kasus yang signifikan dan membebani sistem kesehatan.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19:

Vaksinasi lengkap: Vaksinasi Covid-19 terbukti efektif dalam mencegah gejala berat, rawat inap, dan kematian akibat Covid-19. Pastikan Anda telah mendapatkan vaksinasi lengkap dan booster sesuai dengan jadwal yang dianjurkan.
Memakai masker: Memakai masker yang tepat dapat membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19. Gunakan masker yang menutupi hidung dan mulut dengan rapat, dan pilihlah masker yang berkualitas baik.
Menjaga jarak: Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain dapat membantu mengurangi risiko terpapar virus Covid-19.
Mencuci tangan: Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik dapat membantu membunuh virus Covid-19 di tangan.
Menghindari kerumunan: Hindari berada di tempat-tempat ramai dan padat penduduk, terutama jika ventilasi tidak memadai.
Menjaga kebersihan lingkungan: Jaga kebersihan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan permukaan yang sering disentuh dengan disinfektan.
Dengan menerapkan protokol kesehatan yang disiplin dan meningkatkan kesadaran masyarakat, diharapkan lonjakan kasus Covid-19 dapat dikendalikan dan situasi pandemi dapat segera diatasi.