Universitas Terbaik Nomor 1 Di Indonesia Tahun 2024

STAI Nurul Hidayah Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Kampus induk terletak di Kota Depok bagian utara, Jawa Barat, tepat di perbatasan Provinsi Depok dan Jakarta Selatan, sedangkan kampus induk lainnya terletak di Salemba, Jakarta Pusat. UI merupakan universitas tertua di Indonesia. Beberapa universitas terkemuka nasional di Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, dan Politeknik Negeri Jakarta, awalnya merupakan bagian dari UI hingga terpecah menjadi beberapa universitas. Bersama Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung, UI adalah salah satu dari tiga universitas terbaik di Indonesia.

Awal berdirinya Universitas Indonesia ketika Pemerintah Kerajaan Belanda mendirikan sekolah yang melatih banyak dokter bersertifikat untuk melakukan pekerjaan kedokteran dasar dan memperoleh gelar kedokteran Jawa. UI resmi memulai kegiatannya pada tahun 1950. Pada tanggal 2 Februari, presiden pertamanya (saat ini menjadi rektor), Dan. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerjo. Hari ini adalah hari ulang tahun Universitas Indonesia.

Sejarah Universitas Indonesia

UI didirikan pada tahun 1849. 2 Januari Di Departemen Kedokteran dan Vaksinasi (Opleiding van élèves voor de genees-en heilkunde en Impfstoff), sesuai peraturan Gubernur Antillen Belanda. Saat itu, pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah untuk menambah jumlah dokter. Siswa menyelesaikan program doktor dua tahun. Lulusan mendapat gelar kedokteran dasar dan gelar dokter Jawa, serta ijazah, karena dokter hanya praktek di Antillen Belanda, khususnya di Pulau Jawa. Pada tahun 1864, kurikulum diperpanjang menjadi tiga tahun, dan pada tahun 1875 menjadi 7 tahun. Gelar yang diberikan diubah menjadi doktor kedokteran.

Pada tahun 1898, pemerintahan kolonial membangun sekolah kedokteran baru, STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen). Masa studi STOVIA adalah 9 tahun: 3 tahun di SMA, tiga tahun di SMA dan tiga tahun lagi di jenjang diploma. Banyak lulusan STOVIA yang kemudian berperan penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1927, STOVIA berganti lokasi dan nama menjadi GHS (Geneeskundige Hogeschool). Gedung pendidikan dan pelatihan kedokteran yang digunakan oleh GHS adalah gedung Fakultas Kedokteran UI saat ini. Banyak lulusan GHS yang kemudian berperan penting dalam pendirian universitas di Indonesia.

Pada tahun 1924, pemerintah kolonial mendirikan RHS (Rechtshoogeschool te Batavia – Sekolah Hukum di Batavia) dengan tujuan menyediakan staf administrasi tingkat rendah untuk masyarakat sipil. RHS menjadi universitas fakultas hukum pertama di Indonesia.

 

Sekian informasi artikel tentang Kampus Terbaik Nomor 1 Di Indonesia dan sejarahnya, semoga bermanfaat bagi yang belum mengetahui kampu terbaik di Indonesia ini, terimakasih.