Deretan Universitas Terbaik Di Makassar Versi UniRank Cek Apa Ada Kampusmu

Unipma Kampus terbaik tentunya akan senantiasa menjadi tujuan saat kita akan melanjutkan pendidikan. Tetapi sebelum itu kamu perlu mengetahui ranking kampus terbaik terlebih dahulu. Di kota makassar sendiri ada beberapa perguruan tinggi yang masuk kedalam peringkat 500 kampus terbaik di indonesia atau UniRank. 

UniRank adalah organisasi pemeringkatan universitas global yang berbasis di Australia. Pemeringkatan ini mencakup universitas negeri dan swasta. UniRank memakai 3 ketentuan dalam memilih peringkat universitas terbaik. Pertama, universitas tersebut harus diakui dan diakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

Kedua, universitas tersebut harus menawarkan setidaknya pendidikan sarjana atau pascasarjana atau doktoral. Ketiga, universitas tersebut harus menawarkan pembelajaran formal dalam bentuk pendidikan tradisional, tatap muka atau online.

Daftar Beberapa Kampus Terbaik di Makassar

Berikut ini adalah beberapa kampus yang terbaik di makasar yang sudah saya rangkum dari laman UniRank 2024 simak dibawah ini : 

Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH) yang berlokasi di Gedung Rektor Unhas, Jl Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea, Makassar. Awalnya Unhas merupakan cabang dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Jakarta pada tahun 1947.Unhas kemudian diresmikan dan berdiri sendiri pada tanggal 10 September 1956, terus berkembang hingga saat ini memiliki 15 fakultas.

Universitas Negeri Makassar 

Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Makassar yang didirikan pada tahun 1961, Gedung Rektorat UNM terletak di Jalan AP Pettalani, Tidung, Makassar. UNM pada awalnya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hasanuddin. 

Universitas Islam Negeri Alauddin 

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Agama RI, Kampus I UIN Alauddin Makassar terletak di Jl Sultan Alauddin No. 63 Makassar dan Kampus 2 di Jl H.M Yasin Limpo No. 36,. Samata, Kabupaten Gowa.

Pada awalnya, UIN Alauddin Makassar bernama IAIN Alauddin Makassar yang pada tahun 1962 merupakan cabang dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, fakultas jarak jauh, pada tahun 1965 berdiri sendiri dan berganti nama menjadi Institut Agama Islam Negeri Al- Jami’ah al-Islamiyah. Jami’ah al-Islamiyah al-Hukumiyah.

Universitas Muhammadiyah Makassar

Perguruan tinggi swasta di Makassar yang berlokasi di Jl Sultan Alauddin No. 259, Rappocini Makassar. Unismuh Makassar didirikan pada tanggal 19 Juni 1963 sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan dinyatakan sebagai perguruan tinggi swasta terdaftar pada tanggal 1 Oktober 1965.

Universitas Muslim Indonesia Makassar

 

Universitas Muslim Indonesia (UMI) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Makassar yang didirikan pada tanggal 23 Juni 1954 dan dinaungi oleh Yayasan Wakaf UMI. Menara UMI dan Kampus II terletak di Jl Urip Sumoharjo, KM.5 Makassar; Kampus I UMI terletak di Jl Kakatua, Makassar; dan Kampus III terletak di Jl Lanraki, Paccerakkang, Makassar.