Makna Al-Alim Yang Ada Di Asmaul Husna

Tell co id Sebagai pencipta semesta alam, bumi dan isinya. Sudah pasti Allah SWT mengetahui segala hal yang diciptakan, baik di dalam hari, pikiran, naluri hewan, bahkan di hal-hal gaib yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata oleh manusia kecuali Allah SWT. Semua ini menunjukan Bahwa Allah SWT itu Al-Alim yang artinya maha mengetahui.

Arti Al-Alim

Al-alim ini termasuk kedalam nama-nama terbaik yang dimiliki oleh Allah SWT yang kita kenal sebagai asmaul husna bagi umat muslim. Di dalam buku Syaikh Abdul Qadir menjelaskan bahwa tak ada lagi yang bisa menandingi Allah SWT, sehingga nama Al-alim hanya berlaku untuk Allah SWT.

Al-alim berasal dari kata ‘ilm atau alima’ yang artinya sesuatu yang demikian jelas, pengetahuan atau ilmu yang Allah SWT miliki tidak akan bisa disamakan oleh manusia pada umumnya, dikarenakan ilmu Allah sangat lah luas dan tidak mempunyai batasan. Sementara ilmu yang dimiliki manusia masih mempunyai batasan.

Mendalami Arti Al-alim

Seperti yang sudah di jelaskan di sebelumnya bahwa Al-alim memiliki arti yang menjelaskan bahwa Allah maha mengetahui, mau sebelum ataupun sesudah sesuatu itu diciptakan.
Cara manusia mendalami sifat Al-alim adalah dengan rajin menuntut ilmu, dengan mencari ilmu maka Allah SWT menunjukan bahwa dirinya mencintai hambanya.
Sebagai salah satu nama asmaul husna, Al-alim tercantum di berbagai surat-surat yaitu : Surat Saba di ayat 26, Surah Al Hijr di ayat 86, Surah Al Baqarah di ayat 32.\

Keuntungan Memahami Asmaul Husna

Asmaul husna memberikan banyak manfaat terutama bagi umat muslim, ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita memahami sifat-sifat Allah SWT, yang pastinya salah satunya itu bisa menenangkan hati.

Berikut Beberapa Contoh Dari Asmaul Husna

 

  • Ar-Rahman yang mempunyai arti “Yang maha pengasih”
  • Ar-Rahiim yang memiliki arti “Yang maha penyayang”
  • Al-Malik yang  memiliki  makna arti “ Yang maha merajai (Raja dari segala raja)
  • Al-Quddus yang mempunyai arti “Yang maha suci”
  • As-Salam Yang memiliki arti “Yang maha memberi kesejahteraan”
  • Al-Mu’min yang  memiliki  makna arti “Yang maha pemberi keamanan”
  • Al-Muhaimin yang memiliki arti “Yang maha mengatur”
  • Al-Aziz yang memiliki makna “Yang maha perkasa”