Harga Kambing Sapera – Kambing Perah Indonesia 2024

Berapa harga kambing dari Sapera? Harganya pun sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kelebihan dan kualitasnya. Sebelumnya ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang ciri-ciri kambing Sapera dan apa saja kelebihannya, serta bagaimana Sapera dapat meningkatkan produksi susu dalam peternakan kambing.
Dilihat dari ciri fisiknya, kambing ini umumnya mempunyai warna putih yang rapi. Ada juga yang memiliki tanda hitam di sisi putihnya. Telinganya memanjang dan terkulai seperti kambing etawa dan ras etawa (PE).
Berkat penerapannya, kambing Sapera mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak. Selain itu, kualitasnya terjamin. Hal inilah yang membuat Sapera dikenal sebagai kambing perah. Namun, ukurannya cukup besar, dan penggunaan dagingnya dapat dilakukan.
Seiring berjalannya waktu, jenis-jenis ras kambing perah di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang. Secara spesies kita mengenal kambing perah etawa ras etawa (PE), Saanen, Anglo Nubian dan tentunya Sapera. Selain itu, banyaknya jenis kambing membuka peluang terjadinya persilangan atau perkawinan silang untuk menghasilkan jenis yang lebih diinginkan.
Tertarik untuk menambahkan Sapera premium dan kelas atas ke peternakan Anda? Detail di bawah ini akan sangat membantu untuk mengetahui lebih banyak tentang kambing Sapera.
Sapera Kambing adalah Anda, Kenali Sapera Lebih Jauh
Efektivitas biaya kambing Sapera memungkinkan mereka meningkatkan kuantitas dan kualitas susu kambing di peternakan. Tidak diragukan lagi, Sapera merupakan salah satu kambing perah yang berbiaya rendah namun memiliki gen yang unggul.
Kambing Sapera merupakan salah satu jenis kambing perah. Kambing Sapera merupakan salah satu jenis kambing perah. Ini diperoleh melalui persilangan kambing darah murni Saanen dan kambing perah petani (jenis Etawa). Jika dilihat dari indukannya keduanya merupakan kambing perah dengan kaliber yang sama.
Saanen adalah kambing perah kelas atas internasional, komponen genetiknya jauh lebih unggul, namun harga Saanen darah utuh asli masih sangat tinggi. Sebaliknya, PE murah, namun standar genetiknya tidak setinggi Saanen.
Anak dari kedua ekor kambing perah ini bernama Sapera. Hal ini memberikan semua keunggulan kambing Saanen, namun harganya lebih murah dibandingkan PE. Kambing Sapera dibanderol dengan harga yang terjangkau. Kambing Sapera menjadi pilihan banyak peternak dan mereka yang fokus pada produksi susu kambing.
Untuk ciri fisiknya merupakan penggabungan Saanen dan PE. Dimana tanduknya melebar seperti kambing Saanen, telinganya terkulai seperti PE. Warna dominan Sapera Sapera adalah putih bersih di sekujur tubuhnya. Dia memiliki rambut pendek. Tinggi badannya lebih tinggi dari PE dan lebih kecil dari Saanen.
Nah, itulah penjelasan awal untuk mengenal lebih jauh tentang kambing Sapera. Kita akan membahas keunggulan kambing Sapera yang merupakan kambing perah unggulan di kelas kambing perah lokal murah.

Keunggulan Kambing Perah Sapera

Di Gibas Barokah Farm, Sapera diberikan pakan yang sepenuhnya unggul. Diawali dengan penanaman rumput hijau (rumput gajah), kacang-kacangan (kaliandra indigofera), indigofera, konsentrat, ampas dan pemenuhan kebutuhan mineral.
Dengan perawatan yang optimal dan pemberian pakan yang tepat, Sapera diproduksi dengan kualitas terbaik. Berikut ini daftar keunggulan kambing Sapera. Sapera kambing, kalau perawatannya sempurna.
1. Memiliki Kualitas Susu Unggul
Salah satu keunggulan susu kambing Sapera adalah kambing Sapera memiliki kualitas susu yang sangat baik. Susu kambing Sapera dapat digunakan untuk berbagai macam motif. Mulai dari bahan baku pembuatan keju serta es krim dan campuran makanan, hingga konsumsi langsung.
Selain itu susu kambing Sapera merupakan sumber keuntungan finansial bagi peternak. Mampu memenuhi kebutuhan susu sehari-hari bagi keluarga peternak. Selain itu, Anda juga bisa memulai bisnis penjualan susu kambing yang menguntungkan.
Susu tidak hanya kaya nutrisi, rasanya juga enak dan tidak berbau tengik. Pada masa laktasi pertama dapat menghasilkan sekitar 2-1 liter per ekor. Selama fase kedua laktasi, jumlahnya meningkat 3,5 hingga 4 Liter per ekor!
2. Mudah Berkembang Biak
Selain itu kambing Sapera juga mudah untuk diternakkan. Dalam waktu 8 bulan setelah melahirkan, yang jika 2 tahun, bisa melahirkan sebanyak tiga kali. Umumnya mampu melahirkan lebih dari 1 ekor. Karena itulah kemampuan ini membawa manfaat tambahan bagi para peternak kambing.
Biasanya para peternak akan menjual Anak Sapi Sapera jantan kepada ayam broiler sebagai kambing broiler. Kambing Sapera berukuran besar. Kambing Sapera berukuran agak besar, dagingnya banyak jika termasuk kambing perah. Sedangkan untuk anak perempuan sebaiknya pilih susu.
3. Daya Tahan Yang Sangat Baik
Kambing Sapera juga mempunyai daya tahan yang luar biasa terhadap penyakit dan cuaca. Sehingga cocok untuk budidaya Sapera di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kata lain, merawat kambing ini tergolong sederhana. Meski begitu, beberapa hal seperti kecukupan nutrisi harus tetap dijaga.
4. Postur tubuh lebih baik dari PE
Karena kelebihan tersebut, kambing Sapera yang berjenis kelamin jantan merupakan pemakan daging yang baik. Hal ini disebabkan karena mereka lebih berdaging dan lebih tegak postur tubuh yang lebih baik dibandingkan ras etawa. ras etawa. Susu kambing sapera bisa
tina menjadi alternatif bagi anda yang alergi atau tidak bisa minum susu sapi atau kambing. Ini juga bagus untuk balita.
5. Harga kambing Sapera cukup terjangkau
Dilihat dari manfaat yang tertera di atas, mirip dengan Saanen fullblood. Meski demikian, harga kambing Saanen ras asli masih mahal. Inilah sebabnya mengapa Sapera adalah pilihan terbaik yang jauh lebih terjangkau. Harga kambing Sapera pun sesuai dengan nilainya. Kambing Sapera sebanding dengan kualitasnya sebagai kambing perah.
Mutu dan Produktivitas Susu Kambing Sapera
Produksi susu Kambing Sapera pada periode pertama ini rata-rata 2 liter susu per hari untuk setiap ekor kambing. Dan pada laktasi kedua bisa mencapai 4 liter per ekor. Oleh karena itu produksi ASInya sempurna dan tidak perlu diragukan lagi. Hal ini hampir sama dengan kambing Saanen yang produksi susunya pada masa awal laktasi rata-rata 3,8 L per ekor.
Susu kambing Sapera berkualitas tinggi. Susu Kambing Sapera juga kaya nutrisi. Jumlah gizinya adalah protein karbohidrat, lemak kambing dan kolesterol kambing. Ini juga mengandung kalori, vitamin A, vitamin C, fosfor dan magnesium, kalsium dan asam amino. Kandungan proteinnya mencapai 3,6 persen, sangat tinggi dan di atas rata-rata susu kambing pada umumnya.
Berdasarkan keterangan di atas, jelas bahwa susu kambing sapera mempunyai kualitas dan khasiat yang sangat baik. Produk susu dari kambing sangat mudah dicerna oleh tubuh karena butiran lemak penyusun susu lebih kecil dan seragam. Dengan mendatangkan kambing Sapera ke peternakan akan meningkatkan kualitas dan produktivitas kambing yang hidup di peternakan tersebut.

Harga Kambing Sapera Cross Unggul

Kambing Sapera merupakan hasil perkawinan silang antara ras Saanen fullblood dan juga kambing Etawa (PE). Oleh karena itu, mempunyai genetika unggul yang berasal dari kambing Saanen darah lengkap. Dan kambing Saanen telah berkembang menjadi kambing perah terbaik berstandar internasional.
Harga kambing Sapera tidak mahal, berbeda dengan kambing Saanen yang harganya mahal. Meski kualitasnya tidak sebanding dengan Saanen, namun hal tersebut sudah cukup untuk meningkatkan kualitas perawatan hewan tersebut. Berapa harga pasar kambing Sapera di Indonesia saat ini?
Harga kambing Sapera betina yang berumur lebih dari satu tahun, harga pasarannya antara 4 – 6 juta. Dengan harga tersebut, dimungkinkan untuk bisa membeli kambing yang berkualitas. Kambing yang berkualitas mempunyai banyak manfaat bagi hewan ternak.
Anda juga bisa mendapatkan kambing Sapera dengan harga lebih murah. Namun, Anda harus memberikan kelonggaran pada usia kambing yang baru lahir seperti anakan kambing Sapera atau kambing Sapera yang disapih (sekitar 3 bulan).
Jual Kambing Sapera Bibit Asli di Gibas Barokah Farm
Apakah Anda tertarik untuk membeli kambing Sapera yang kualitasnya terjamin? Gibas Barokah Farm (GB Farm) yang berlokasi di Ngawi berkeinginan untuk membantu menyediakan domba dan kambing dengan kualitas terbaik. GB Farm memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyediakan ternak yang seimbang dan berkualitas bagi para peternak di seluruh Indonesia.
GB Farm kami menjamin kambing Sapera yang Anda beli mencakup semua manfaat seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pasalnya dalam perawatan pangan khususnya pakan, GB Farm selalu memperhatikan keseimbangan gizi. Berikut alasan mengapa Anda memilih GB Farm sebagai platform jual beli domba dan kambing berkualitas dengan kalimat yang jelas.
#hargakambingsapera #sapera #kambingsapera #kambingperah